The Art of Not Complaining

Okay. Kali ini, gua akan membahas sebuah topik dari suatu hal yang mengusik pemikiran gua pada malam ini. Apa itu? hm...... yang akan gua bahas kali ini adalah mengeluh. Entah kenapa menurut gua ini seni yang sangat menarik, namun memang menarik.

Setiap hari manusia menjalani hidup dengan segala permasalahan dan kehidupan yang dinamis. Dan hal-hal yang kita jalani terkadang membuat kita kesel dan berpikir mengenai "kenapa ini semua harus terjadi pada gue?" atau "yah udahlah, inilah hidup...".


Trus, sekarang gue akan membahas tentang hakikat kata "mengeluh" *ilmiah banget yah.. padahal gue anak ips... hahaha*.  me.nge.luh Verba (kata kerja) menyatakan susah (karena penderitaan, kesakitan, kekecewaan, dan sebagainya): meskipun tugas itu sangat berat, tetapi tidak seorang pun yang mengeluh. // se.ni keahlian membuat karya yg bermutu (dilihat dr segi kehalusannya, keindahannya, dsb)

Nah. dari situ gua ingin membagikan pemikiran gue tentang hal ini. Pernakah kalian ngebayangin bahwa banyak hal dalam kehidupan ini diatur dan tidak diatur oleh cosmic / alam serta diri kita. Coba deh lo perhatiin, kalau gak semua hal di dunia ini lo restuin / lo harepin / lo perjuangin, tapi terjadi dan entah gimana respon lo bersyukur / mengeluh ngehadepin itu.

Semua hal unik yang terjadi ini ngebawa diri kita untuk mengeluh pada sebagian besar masalah kalau itu adalah kejadian yang buruk. Yah gakk??? Dari semua keluhan kita, gue berpikir bahwa itu gak akan membuat kita pergi kemana-mana kalau ngeluh terus menerus. Jadi, yang sebaiknya dikerjakan oleh manusia adalah bukan nerima semua hal yang terjadi dalam hidup dengan pasrah... Tapi, ngeliat hal-hal yang gak terlihat dari setiap kejadian yang terjadi entah itu positif atau negatif.

Bukan cuman itu, kadang kita harus ngeliat sebuah siklus/sistem/cara yang udah dibentuk sama dunia/manusia sadar gak sadar sehingga 'begitu adanya terjadi'. Contoh: "gua gak ngerti kenapa gua bisa sakit eksim/ darimana tau ini penyakit" *gak ada keturunan gue yang pernah sakit ini* atau "kenapa sih orang tua gue harus cerai?" atau "kenapa sih gue potensial tapi orang tua gak punya uang buat ngembangin potensi gue" atau "kenapa sih gue gak dilahirin di keluarga ini?" atau "kenapa sih harus hujan?."

Dari pertanyaan yang agak jelas maupun gajelas diatas... terkadang gue mengkonklusikan bahwa dari setiap keputusan yang kita ambil dalam proses berkehidupan kita, secara kita nyadar atau gak nyadar akan ngehasilin suatu hal. trus, jika itu kontradiksi/berlawanan dengan apa yang kita kerjain, berarti ada perubahan yang sadar/gak sadar terjadi di proses kehidupan.

Misal:
Saat gua rajin belajar ada 2 kemungkinan: gua ranking 1+keterima sbmptn atau gak tetep ranking bawah+gak diterima di sbmptn atau kemungkinan lainnya, tapi itu gak akan mengubah inti nilai kalau gua tambah pinter atau gua semakin mengerti suatu hal sejak gua belajar suatu hal.

Saat gua makan, gua mungkin bisa kenyang atau masih laper atau ngebuat suatu penyakit atau bikin gua tambah sehat atau kemungkinan lainnya. Namun, itu akan ngebuat perut gua setidaknya terisi oleh suatu "materi", right?

contoh terakhir... Ketika gua mutusin buat jatuh cinta atau buat putus atau ngebuat suatu tujuan/mimpi dalam hidup gua, sadar gak sadar itu pasti bakalan berdampak pada setiap desain kecil hidup kita setidaknya sampe bertahun-tahun kedepan... Jadi, pastiin lo ngebuat keputusan yang tepat di langkah-langkah hidup lo dengan hikman/kebijaksanaan hati *bahasanya apa banget deh...*.

Allright, setelah pemikiran yang udah gue curahkan  malem ini, pastiin lo bisa dapet apa yang gua maksud-in. Kalau membuat keputusan dan ngak mengeluh itu salah satu bagian kecil yang penting dalem kehidupan lo serta akan ngebawa proses perjalanan / life journey kalian to somewhere/someplace yang bahkan kita gak tau...

Entah akan ngebawa kita ke suatu tempat atau suatu hal yang menyenangkan atau menyedihkan itu hasil dari something I called "cosmic+human+God's work"...

Cheers and Good night :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar