Pekerjaan/Karir untuk Penyuka Traveller

comeback lagi ke dunia blogger setelah sempat off selama hampir 1 tahun dari blog-blog ku yang sebelumnya... Sekarang kembali lagi meluncurkan blog bernama Onion Story, berisi mengenai cara berpikir, ide-ide, dan hal yang disorot didunia dan di dalam diri gue ini...

Bagi teman-teman yang suka travel/pergi-pergi... Berkelana ke tempat-tempat yang indah, menggoda, sangat menarik sekaligus dibayar pastinya adalah hal yang sangat didambakan bukan?? Oke... Disini, saya akan membagikan beberapa pekerjaan yang mungkin kedepan/sekarang bisa mulai kalian fokuskan untuk mendapatkan jiwa travelling *sesama, saya juga penggemar travelling...* Cek it out.

Mungkin kita semua sempat berpikir kalau pekerjaan yang sangat mungkin untuk travel adalah tour guide, pilot, bekerja di kapal pesiar... Saya pun waktu masih kecil selalu berpikir seperti itu... Tapi, realitanya, justru mereka tidak menikmati travel mereka (kecuali keinginan dalam hati seperti itu).

Lalu kira-kira, karir apa yang cocok bagi kita yang hobinya jalan-jalan? Berikut beberapa list karir yang cocok bagi kaum traveller dan bisa dapat dipertimbangkan.


Pembawa acara travel
Pembawa acara sekaligus produser eksekutif serial televisi Rudy Maxa's World, Rudy Maxa mengatakan, "Saya dibayar untuk travelling, berinteraksi dengan orang-orang lokal, dan menuliskan atau menyiarkan mengenai pengalaman saya. Selama bertahun-tahun melakuksn pekerjaan ini, saya jadi punya daftar teman yang sangat panjang, dan pengalaman yang hanya sedikit pekerjaan bisa berikan."

Atau jika anda sering menonton di National Geographic Travel, ada banyak sekali acara yang dipandu seseorang dan itu sangat menarik... Bisa pergi ke berbagai tempat, berbincang dengan orang lokal, gaji yang lumayan, makan gratis. Tapi, pastinya anda harus memiliki mental pemberani, petualang, dan pembicara yang baik...


Penulis Travel

Beberapa majalah sering mencari penulis yang khusus untuk menulis dunia travelling, entah itu untuk menjadi karyawan tetap atau sebatas freelance. Dan ini adalah kesempatan yang sangat bagus, karena tentunya kita akan selalu ditugaskan untuk mencari informasi mengenai tempat-tempat wisata di dalam maupun luar negeri. Makin banyak lokasi yang kita kunjungi, makin banyak juga pengalaman jalan-jalan kita.

atau Travel blogger, Sherry Ott mengaku, "Saya hidup dari koper ke koper. Saya bekerja sambil mengenakan piyama, dan yang saya butuhkan hanyalah koneksi internet untuk bekerja. Saya rasa itulah keindahan pekerjaan saya. Saya bisa menjadi bos untuk diri sendiri dan mengedit tulisan saya sendiri. Pekerjaan saya intinya hanya; bertemu, buat rencana, lakukan!"

"Suatu musim panas, saya mengendarai mobil dari London ke Mongolia, menggunakan mobil yang sangat tidak dalam kondisi prima bersama 3 travel blogger. Kami melakukannya untuk mengumpulkan dana untuk amal. Kami berjalan sekitar 8.500 mil, melewati 13 negara, dan dua benua dalam 5 minggu," ceritanya.

Namun, ini bukan sesuatu hal yang terjamin, selain anda memiliki suatu keahlian tertentu yang membuat anda bisa bekerja dimana saja (c/: Akuntan, Bisnis, buruh, dll). atau anda adalah anak seorang direktur yang kaya raya :).



Fotografer

Hanya bermodalkan kamera, itu mungkin saja terjadi jika anda memang memiliki keahlian didalam fotografi. Bagi Bob Krist, jurnalis multimedia freelance yang menspesialisasikan diri pada foto-foto travel, pekerjaannya bisa membawanya ke berbagai tempat dan benar-benar bisa memberi pengalaman cara hidup yang berbeda, dan bukan hanya untuk jalan-jalan.

"Saya cukup beruntung bisa memiliki kesempatan untuk terlibat dalam budaya yang saya kunjungi dan mendokumentasikannya," kata Krist.

Entertainer/Performer

Jika kita mempunyai keahlian khusus sebagai penghibur, ada banyak sekali kesempatan untuk mengunjungi tiap negara, yaitu pada saat ada panggilan menghibur dari negara-negara lain. Jenis hiburan disini bisa dari musik, drama, komedi, seni, maupun olahraga. Apalagi jika anda adalah artis youtube atau baik didalam menghibur melalui suatu keahlian.

Departemen Luar Negeri

Ini akan menjadi suatu pekerjaan yang menarik jika anda seorang yang mencintai negara, suka dengan politik, sejarah, dan travel pastinya :). Tapi, anda harus siap dahulu menjadi PNS dan dikirim kemana saja untuk mengabdi (c/:staf kedubesan, konferensi organisasi internasional, dinas, dll).

Guru Bahasa Inggris

Banyak sekali orang-orang yang bertahan hidup dan mendapat makan hanya dari bisa bahasa inggris... Dan, jika anda adalah orang yang sejak kecil sudah belajar bahasa inggris/kuliah pun sudah lancar. Tidak menutup kemungkinan untuk menjadi guru bahasa inggris di Afrika, negara-negara kecil di Eropa Timur/Asia, namun anda harus rela mendapat gaji yang relatif kecil...

Bekerja di Perusahaan Multinasional

Multi-Nasional: Banyak negara. Berarti, perusahaan ini terletak di banyak negara. Contohnya adalah Unilever, P&G, Johson, Standart Chartered, Toyota, Nissan, dll. Didalam perusahaan pasti terdapat hari cuti bahkan masa penempatan bekerja di daerah lain (apalagi anda adalah marketing, konsultan bisnis, public relation, atau brand ambassador), so why not to try?

DPR/MPR/Ketua Umum Partai/Presiden

Mungkin ini hal yang sedikit gila... Namun ada benarnya bahwa mereka adalah orang yang pasti dibiayai oleh negara untuk bepergian keluar, belajar dari negara lain/tata hukum negara lain, apalagi jika anda memiliki jiwa politik & hukum. Jadi, pekerjaan ini memang layak dicoba untuk traveller S1 hukum / yang berkaitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar